Tahun 2018 sudah berakhir dan saatnya memulai tahun yang baru. Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada hal baru muncul yang akhirnya diikuti oleh banyak orang. Memang, tahun 2019 ini masih sangat panjang dan menyimpan banyak misteri juga. Namun, sudah banyak orang yang memprediksi akan ada tren-tren baru bermunculan.

Kemungkinan-kemungkinan seperti apa yang akan muncul di tahun 2019 ini? Ini dia sederet tren unik yang mungkin akan tercipta pada 2019!

1. Film Interaktif

Dulu kamu tidak bisa berbuat banyak saat menonton film dan menyerahkan semua jalan cerita ke penulis naskah dan sutradara. Namun, film original Netflix berjudul Black Mirror: Bandersnatch bisa saja mengubah pandangan para penulis naskah untuk membuat alternatif cerita.

Dalam film tersebut, para penonton bisa menentukan langkah selanjutnya dari sang tokoh di dalam cerita. Setiap langkah yang diambil akan membawa cerita ke ending berbeda pula, mulai dari yang paling membosankan hingga yang bikin kamu tercengang.

Bukan tidak mungkin tahun 2019 ini akan semakin banyak lagi film interaktif. Tidak hanya film bergenre thriller dan action saja yang mungkin akan menggunakan formula yang sama, film-film drama dan komedi juga akan menggunakan cara-cara yang sama untuk membuat penonton menentukan jalan cerita.

2. YouTube Video Marketing

Kita sudah percaya kalau YouTube memang lebih dari TV. Nah, tahun 2019 ini YouTube akan semakin jauh meninggalkan TV. Bisa jadi, semua brand sudah tidak lagi melirik TV untuk menjajakan dagangan mereka dan lari ke YouTube dengan sebuah video singkatnya. Kamu bisa melewatinya, tapi mungkin harus tetap menontonnya (sejenak).

Setiap brand juga mungkin akan memanfaatkan YouTube Chatbots untuk melayani para kostumernya selama 24 jam. Saat kamu ada masalah atau complain sebuah barang, tinggal buka situs YouTube dan costumer care dari brand tersebut akan melayaninya.

3. Kapsul Hotel

Traveling sudah jadi hobi semua orang. Kamu sekarang sudah bisa jalan-jalan tanpa perlu pusing dengan biaya yang membengkak. Hal yang paling sering jadi kendala saat berpergian adalah biaya penginapan yang terlampau tinggi. Tidak heran kalau selalu ada inovasi baru untuk mengatasi hal ini.

Di Jepang, hotel kapsul sudah cukup dikenal untuk para pelancong lokal untuk menginap barang satu atau dua hari saat pergi ke luar kota. Nah, fenomena hotel kapsul ini pun akan semakin banyak diadopsi oleh negara-negara tujuan wisata lain, seperti Indonesia.

Di Ibu Kota Jakarta sendiri, keberadaan hotel kapsul sudah kian menjamur. Hanya dengan Rp100 ribu—Rp200 ribuan saja, para pelancong sudah bisa menginap selama satu malam. Jadi, kamu pun bisa jalan-jalan lebih santai lagi.

4. Rumah Minimalis

Semakin sempitnya ruang di bumi buat banyak orang berpikir ulang kala membangun tempat tinggal. Sebenarnya, tren rumah minimalis ini sudah ada sejak sepuluh tahun silam. Namun, tren ini diprediksi kembali akan mencuat pada 2019.

Mungkin bentuknya minimalis, tapi bisa memuat puluhan orang di dalamnya. Ide tentang coliving juga mulai akan diadaptasi di Indonesia. Coliving adalah tinggal bersama di sebuah tempat dengan berbagai macam orang dari latar belakang yang berbeda. Tujuan dari konsep ini adalah membangun sebuah komunitas.

5. Menjamurkan Kembali Podcast


Podcast sebenarnya sudah tenar di beberapa negara berkembang sejak tahun 2010-an dan bisa dinikmati di layanan streaming musik. Podcast merupakan sebuah digital audio yang membicarakan sebuah topik dengan gaya yang lebih santai. Indonesia tidak tertinggal, hanya belum banyak saja podcaster dan pendengarnya hingga buat tren yang satu ini tidak terlalu kedengaran.

Setelah Spotify mengikuti langkah layanan streaming lain untuk masuk ke Indonesia pada tahun 2016 silam, podcaster lokal pun semakin banyak bermunculan. Bukan hal yang tidak mungkin jika tahun 2019 ini jumlah podcaster Indonesia akan semakin banyak dan orang-orang tidak melulu menonton video.

Itu dia tren-tren yang mungkin akan muncul di tahun 2019. Mana menurut kamu yang akan paling meledak? Mana yang akan kamu ikuti?

Oleh: Ade K Irawan