Salah satu destinasi hiburan yang selalu digemari sampai saat ini adalah bioskop. Nonton berdua pacar atau bareng sahabat sama serunya. Apalagi kalau yang ditonton adalah film box office yang lagi jadi buah bibir.

Butuh referensi film yang lagi beredar di bioskop dan direkomedasikan banyak orang? Nah, buat referensi nonton film, baca dulu beberapa sinopsis ini:

Aruna dan Lidahnya

Film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini diangkat dari novel karya Laksmi Pamuntjak. Cerita tentang seorang ahli wabah/ahli epidemologi bernama Aruna Rai (Dian Sastrowardoyo) ditugasi menyelidiki kasus flu burung di beberapa tempat di Indonesia. Aruna pergi bersama Bono (Nicholas Saputra), koki profesional yang ingin menemukan resep kuliner otentik Tanah Air, juga Nad (Hannah Al Rashid) si kritikus kuliner yang ingin menulis buku. Di tengah jalan, muncul mantan teman kantor Aruna bernama Farish (Oka Antara).

Keempatnya mengunjungi Surabaya, Pamekasan, Pontianak, dan Singkawang untuk menyelidiki kasus flu burung sekaligus berwisata kuliner. Perjalanan mereka dibumbui oleh persahabatan dan drama pertemanan orang-orang usia 30-an. Saking serunya menonton banyak adegan bercengkrama di hadapan makanan, dijamin sepanjang film kamu bakal keroncongan dan penasaran sama rasa masakan yang tersaji.

First Man

Film berdurasi 141 menit ini bercerita soal astronot yang pertama kali berhasil menginjakkan kakinya di bulan, yaitu Neil Amstrong (Ryan Gosling). Di film ini juga ditampilkan pergulatan emosi dan batin seorang Neil Amstrong. Bagaimana ia menghadapi pergulatan batin dan emosi, dan kekhawatiran sang istri, Janet (Claire Foy) sebelum Amstrong melaksanakan misinya.

Tapi akhirnya, demi memenuhi tanggung jawabnya sebagai seorang mantan perwira Angkatan Laut dan pilot uji coba, Amstrong bersedia menerima misi tersebut. Ia pergi membawa pertentangan di batinnya. Di satu sisi ia ingin membuktikan kemampuannya sebagai seorang astronot yang bisa mendarat pertama kali di bulan. Meskipun ini film drama yang menguras emosi, tapi jangan bayangkan kamu bakal kelelahan mendengarkan dialognya, karena film ini justru mengandalkan akting dan ekspresi para pemain.

Crazy Rich Asian

Film komedi romantis ini berkisahnya tentang Rachel Chu (diperankan oleh Constance Wu), seorang profesor bidang ekonomi di Amerika Serikat, yang diajak mengunjungi keluarga sang kekasih, Nick Young (dimainkan oleh Henry Golding), di Singapura. Kaget luar biasa Rachel, karena ketika tiba di kota kelahiran Nick, ia baru sadar kalau pacarnya adalah keluarga kaya raya dan terpandang di sana. Tidak heran kalau sang calon ibu mertua, Eleanor Sung-Young (diperankan oleh Michelle Yeoh) menentang hubungan anaknya dengan "orang biasa" seperti Rachel.

Eleanor sendiri punya pemikiran a la wanita kuno Asia, yaitu kalau istri harus mau mengabdi dan mendedikasikan hidupnya buat suami dan keluarga. Tentu ini yang tak sejalan dengan pikiran Rachel. Uniknya, semua cerita disampaikan dengan gaya yang menghibur, plus kehadiran karakter lain seperti Astrid, sepupu Nick yang kaya raya, cantik, dan fashionable, tapi tengah menyimpan drama rumah tangga, dan Goh Peik Lin (Awkwafina), sahabat Rachel yang tinggal di Singapura. Gayanya kocak dengan punya gaya berbusana unik.

Tidak heran kalau sejak awal September, film yang disebut-sebut sebagai cerita Cinderella a la Asia ini masih saja digemari dan sukses menghasilkan guyonan Crazy Rich di beberapa daerah di Indonesia.

Danur Asih

Asih, seorang wanita yang malang nasibnya. Setelah dihamili, ia ditinggal kabur oleh pria tak bertanggung jawab. Keluarga pun enggan menerima bayi yang dianggap sebagai aib. Ditambah lagi, warga kampung mencemoohnya. Tak tahan dengan tekanan yang dihadapi, Asih kabur dari rumah. Depresi pun membuat ia tega membunuh bayinya dan diakhiri dengan bunuh diri di sebuah pohon beringin.

Kematian Asih membuat warga desa resah, apalagi sejumlah peristiwa aneh mulai terjadi. Diawali dengan serangan teror yang menimpa Puspita (diperankan Citra Kirana), yang tinggal tak jauh dari tempat Asih bunuh diri. Padahal sekilas ia dan sang suami (diperankan Darius Sinathrya) kelihatan bahagia menyambut kelahiran bayi pertamanya.

Teror tak wajar terus dialami Puspita. Banyak kejadian aneh terus menghantui keluarga dan mengancam nyawa bayi mereka. Apakah ini ada hubungannya dengan kematian Asih dan bayinya? Bersiap tegang sepanjang film, ya.

Venom

Satu lagi, tokoh superhero Marvel naik ke layar lebar, setelah sebelumnya sempat muncul di film Spiderman 3, sebagai musuh Peter Parker.

Kisahnya bermulai saat Eddie Brock (Tom Hardy), seorang jurnalis mencurigai penelitian yang dilakukan Life Foundations, di bawah dipimpin ilmuwan jenius Dr Carlton Drake (Riza Ahmed). Usaha Eddie itu membuat Dr Carlton merasa jengah dan berusaha menyembunyikan penelitiannya dari siapaun, termasuk keluarganya sendiri,

Suatu hari, Eddie menemukan kalau yang dirahasiakan oleh Dr Carlton ternyata adalah symbiote, sebuah organik dari dunia lain yang akan menempel pada tubuh manusia. Tapi sayang, di tengah-tengah penelitiannya, symbiote yang bernama Venom itu menyatu dengan tubuh Eddie dan menghasilkan kekuatan dahsyat. Eddie pun menjadi superhuman berjuluk Venom. Sanggupkah Eddie mengendalikan dirinya saat berubah menjadi Venom?

Itulah deretan film yang sedang naik daun. Jadi, film apa yang akan masuk daftar nonton kamu?