Penyanyi K-Pop, HyunA menghebohkan media sosial lantaran pengakuan kondisi kesehatan yang diunggahnya di akun Instagram pada Kamis, 28/11/2019.

HyunA mengaku dirinya menderita depresi, gangguan kecemasan dan vasovagal syncope (kondisi mudah pingsan). Kondisi kesehatan yang tidak baik itu mula dialaminya di tahun 2016 silam.

Ia yang menceritakan awal kariernya yang sukses tiba tiba terserang penyakit yang pada awalnya tidak dihiraukan.

"Oleh karena terlalu berambisi, aku meneruskan karier dan menolak tepi soal kesehatan.

"Sehingga pertama kali aku ke rumah sakit di tahun 2016, aku didignosis sakit mental," tulis HyunA seperti yang dilansir dari Soompi pada Jumat, 29/11/2019.

Ia mengaku sempat tidak percaya telah didignosis dengan penyakit tersebut.



"Aku tidak bisa mempercayai didignosis depresi dan gangguan kecemasan. Aku hampir tidak mempercayainya untuk satu tahun," lanjut HyunA.

Mantan personel Wonder Girls dan 4 Minute itu bagaimanapun dapat mempercayai kondisinya dan bisa menerima keadaaannya dengan mencari pertolongan serta pengobatan yang ia butuhkan.

Perempuan berusia 27 tahun itu mengatakan ia mulai melakukan pengobatan sekali setiap dua minggu. Ia juga mencoba untuk tak berpikir hal buruk karena orang-orang di sekitarnya peduli dan menyayanginya.

"Tapi kemudian aku pingsan untuk pertama kalinya, di mana penglihatanku kabur dan aku ambruk," ujar HyunA.

Ia berpikir hal itu merupakan bagian dari gejala gangguan kecemasannya. HyunA pun tak terlalu mempedulikan hal itu. Tetapi sejumlah dokter menyarankannya untuk melakukan tes gelombak otak.

"Dan aku mengetahui bahwa aku menderita penyakit yang dinamakan vasovagal syncope. Aku merasa tersesat dan tak punya pilihan," katanya lagi.

Penyakitnya itu membuat ia khawatir jika tiba tiba pingsan dan diketahui orang lain sehingga dirinya tidak bisa tampil di panggung atau menyanyi seperti biasa.

Lantaran itu HyunA coba menyembunyikan kondisi kesehatannya itu dari banyak orang untuk waktu yang lama.

"Tapi kini aku membuka rahasia dan berani mengungkapkan hal ini karena tak mau mengecewakan banyak orang.

"Aku akan tetap berani mencoba untuk sehat, tapi kupikir tak ada orang yang sempurna.

Aku pikir belum terlambat dan aku akan mencintai dan merawat diri sendiri. Aku akan menjadi berani dan jujur seperti aku yang sekarang," tulis HyunA dihujungnya dengan penuh harapan positif.

Instagram: @hyunah_aa

Oleh: Maliah Surip