Komposer Erwin Gutawa Sumapraja sukses besar menghelat Konser Salute to 3 Female Songwriters : Melly Goeslaw, Dewiq dan Dee Lestari. yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan pada Sabtu (9/2/2019) malam.

Dalam konser selama 2,5 jam yang bergulir itu, pria berusia 56 tahun itu telah memberi aprisiasi besar terhadap tiga tokoh penting komposer wanita dalam ranah musik tanah air iaitu Melly Goeslaw, Dee Lestari dan Dewiq dalam ‘bahasa musik’ yang cukup indah.



Di sebalik suksesnya konser tersebut, sang tiga komposer hebat itu pun mengguak serba sedikit perihal perjalanan karier mereka sebelum menjadi begitu tenar dan membanggakan blantika musik Indonesia.

Melly misalnya membeberkan dirinya sebagai sosok yang sangat pemalu dan ibundanya yang mendorong dirinya sehingga mampu menjadi seperti hari ini.

“Aku ini sangat pemalu dan ‘panas’ ya, ibunda lah yang mendorong aku dan yakin bahwa aku mampu hidup di dunia ini,” ungkap pemilik lebih 200 buah lagu dalam klip yang dipaparkan berselang dengan persembahan nyanyian.

Dewiq juga sempat mengungkapkan kalo dirinya terjebak menulis secara serius karena butuh uang untuk membeli drum yang diinginkan. Dan kini, wanita berusia 43 tahun itu digelar sebagai The Hits Maker di tanah air.



(Dewiq bersama sang Meastro, Erwin Gutawa)

Teman Dee Lestari dalam sebuah klip pula menyatakan dirinya telah tertipu selama 10 tahun dengan sebuah karakter ciptaan novelis itu yang tidak pernah wujud.

Mereka juga berkisar tentang bagaimana sesebuah lagu bisa ditulis dan cukup memberi inspirasi buat semua penonton.

Disulam dengan rahasia dan cerita inspiratif tersebut, bersama tim orkestranya, Erwin mengalunkan lagu lagu hit tiga komposer ternama itu yang dilantunkan oleh penyanyi hebat tanah air bermula dari Harvey Malaihollo, Sandhy Sondoro, Armand Maulana, Tulus, Once, Rendy Pandugo, Vidi Aldiano, grup trio Lib3ro serta Afgan yang melantunkan untaian lagu mereka dalam segmen masing masing.

Kembarannya mama Ira nih @irams2168 — @sandhysondoro_official thanks ya brooo. Suaranya luar biasa #mellygoeslaw #mellygoeslawsong #jika #konsersalute

A post shared by Melly Goeslaw (@melly_goeslaw) on



Aktor Reza Rahadian juga muncul bermonolog tentang Dee Lestari, dan Riri Riza hadir untuk membuka sesi khusus perihal Melly Goeslaw.

"Melly ini adalah salah satu sosok sukses yang bikin soundtrack Ada Apa Dengan Cinta. The queen of soundtrack mungkin itu sebutan yang tepat buat Melly. Membawakan lagu terbaik Melly, hadirin sambutlah ini Afgan," tutur Riri Riza.



Dan di malam itu, ribuan penonton yang hadir terbuai dengan tembang nostalgik seperti Ada Apa Dengan Cinta, Jika, Tak Tahan Lagi, Bunda, Malaikat Juga Tahu, Perahu Kertas, Firasat, Pernah Muda, Cinta Di Ujung Jalan, Satu Bintang di langit Kelam, Cinta Sejati, Bagaikan Langit dan Dongeng Secangkir Kopi.



Saat bertemu media usai konser digelar, sang meastro, Erwin memasang mimpi agar siri konser salute bisa menerima dokongan untuk diselenggara pada masa depan.

“Konser ini punya pesan dan inspiratif yang banyak kepada penonton. Mudah mudahan ada lagi konser ini karena masih banyak seninam hebat yang perlu kita apresiasikan pada masa akan datang.

“Biar musik indonesia berjalan terus dan jadi lebih baik,” tutur Erwin.

Sebelumnya, ayah kepada Gita Gutawa ini pernah membuat konser bertajuk Salute to Koes Plus dan Salute to Guruh Soekarno Putra.

Instagram: Dewiq, Melly Goeslaw, Dee Lestari

Oleh: Maliah Surip