Di era informasi ini, publik semakin mudah untuk mengakses dan mendengarkan lagu-lagu kesukaan mereka secara legal. Selain lewat channel YouTube, sekarang pun banyak aplikasi streaming legal gratis seperti Spotify, Deezer, dan JOOX.

Berbagai channel ini tidak hanya memberikan jalan bagi para penyuka musik untuk bisa mendengarkan dan mendukung karya musisi favorit mereka, namun juga bagi para musisi untuk bisa mendistribusikan serta mempromosikan karya mereka dengan cara alternatif selain lewat penjualan album dan konser.

Tahun 2018 ini, banyak juga musisi Indonesia dan mancanegara yang karyanya viral lewat berbagai channel tersebut. Penasaran siapa dari mereka yang lagunya paling banyak didengarkan orang-orang?

International:

1. Drake - God's Plan

(Sumber gambar: https://cornellsun.com/2018/02/21/drake-brings-gods-plan-down-to-earth/)

Pernah viral karena dansa yang menyerupai goyangan dangdut koplo di video “Hotline Bling”, Drake kembali memecahkan rekor sebagai lagu yang paling banyak didengar di YouTube (902,231,171 penayangan) dan Spotify (1,136,632,348 stream) dengan lagu yang berjudul “God’s Plan.” Video musik dari lagu ini yang ditayangkan di YouTube memperlihatkan Drake yang menghabiskan seluruh bujet shooting video musik yang diberikan oleh labelnya untuk dibagikan kepada penduduk yang membutuhkan di Kota Miami di Florida, Amerika Serikat.

Sebagian dari mereka yang mendengarkan suka dengan liriknya yang inspiratif, sebagian lagi menyukai video musiknya yang membangkitkan semangat dan jiwa kemanusiaan, sisanya senang dengan irama musiknya yang sangat catchy.

2. Calvin Harris ft. Dua Lipa - One Kiss

(Sumber gambar: https://noisey.vice.com/en_uk)

Duet antara seorang produser & DJ populer Calvin Harris bersama Dua Lipa, sang penyanyi hits bersuara blues yang menggelegar ini membuahkan hasil yang luar biasa di tahun 2018. Single mereka yang berjudul One Kiss berhasil menjadi yang tertinggi kedua dalam perolehan streaming dengan angka 445,548,869 YouTube views dan 652,396,929 Spotify streams.

Lagu ini bisa dibilang selain mempunyai beat yang catchy, juga memiliki lirik yang gampang dihapal serta nada yang dapat membangkitkan semangat. Itulah sebabnya banyak orang-orang dari segala penjuru dunia yang berkomentar di YouTube bahwa “Ini adalah lagu nomor 1 yang paling sering diputar di mall.”

Selain lagunya, video musiknya pun bisa dibilang unik, karena menggunakan gaya yang terlihat amatir, namun artistik secara bersamaan.

Indonesia

1. Lagi Syantik by Siti Badriah

(sumber gambar: https://www.youtube.com)

Selain iramanya bisa membuat orang-orang ketagihan menyanyikannya, lagu dangdut modern ini juga sempat populer akibat video Tik Tok yang diunggah oleh seorang gadis asal Palu bernama Nurrani. Akibat kejenakaan dan kegenitannya menyebut nama “Iqbal” (aktor pemeran Dilan di “Dilan 1990”) di akhir lagu, video itu akhirnya viral di berbagai media sosial. Alhasil, tidak hanya Nurrani yang menjadi terkenal, tapi juga lagu yang dilantukan Siti Badriah ini. Tahun 2018 ini, Lagi Syantik sukses meraih angka 435,115,041 Youtube views dan 9,451,488 Spotify streams.

2. Deen Assalam by Sabyan Gambus

Aslinya, lagu religi Islami ini merupakan ciptaan dari musisi Arab Saudi yang bernama Sulaiman Al-Mughni. Namun, dengan gubahan dan penampilan prima dari Nissa Sabyan dan kawan-kawan Sabyan Gambus, mereka berhasil mempopulerkan kembali lagu ini kepada masyarakat Indonesia dan juga seluruh dunia. Deen Assalam versi cover dari Sabyan Gambus berhasil memecahkan rekor sebagai lagu yang paling banyak didengarkan di tahun 2018, dengan total 182,558,286 YouTube views dan 504,311 Spotify streams.