Pasangan selebritas Ditto Percussion-Ayudia Bing Slamet tak pernah menduga sebelumnya bahwa hobi bermusik dan fotografi yang mereka geluti bakal mendapatkan "bonus".

Bagaimana tidak, dari yang semula bermusik untuk sekadar menemani pembaca novel Teman Tapi Menikah menuntaskan bacaannya sambil mendengarkan lagu "Teman Tapi Menikah", kini band Dengarkan Dia yang beranggotakan duo Ditto (perkusi) dan Ayudia (vokal) semakin bersemangat menciptakan single baru.

Begitu juga dengan hobi fotografi yang dilakoni Ayudia. Keponakan aktor Adi Bing Slamet itu kian serius mengembangkan peluang bisnis di bidang ini melalui Diabirthphoto, Birth Photography by Ayudia.


(Ditto dan Ayudia punya rencana lebih besar buat Dengarkan Dia menjelang tahun 2019.)

Dalam kesempatan berbincang santai di Jakarta , pasangan yang menikah pada 13 September 2015 itu banyak bercerita tentang hobi mereka, mulai dari grup band Dengarkan Dia hingga Diabirthphoto.

"Kalau cerita tentang passion bermusik itu kami sejak SMP sebenarnya sudah pernah satu band, tapi pas SMA pilihan Ayu fokus di akting. Tapi tetap, passion dia ada di musik," kata Ditto.

Setelah menikah, pasangan Ditto dan Ayudia kembali menekuni hobi bermusik mereka. Keduanya membentuk Dengarkan Dia.

"Karena ada faktor history, untuk mengenang masa sekolah pas kami ikut festival, ikut lomba," kata pria bernama lengkap Muhammad Pradana Budiarto itu.

Bersama Dengarkan Dia pasangan ini telah melahirkan lagu-lagu "Teman Tapi Menikah", "Dengarkan Hatiku", "Bersenyawa", dan "Rindu". Judul lagu terakhir bahkan sukses merajai chart radio-radio di Indonesia.

Bagi Dito, capaian lagu "Rindu" sama halnya seperti bonus yang tak disangka. Hal ini pula yang mendorong semangat mereka untuk segera merilis album perdana Dengarkan Dia.

"Jadi masuk ke chart itu seperti bonus karena kami awalnya bikin lagu untuk menemani pembaca Teman Tapi Menikah. Kami bersyukur bisa jadi warna baru di musik Indonesia," ujar Ditto.

"Materi sudah ada, insya Allah tahun depan rilis album yang isinya enam lagu dari EP dan empat lagu baru," lanjutnya.

Sementara untuk Diabirthphoto, Ayudia mengaku bersyukur bahwa lewat jepretannya dia bisa ikut merasakan kebahagiaan pasangan yang baru saja dikaruniai momongan. Seperti yang publik ketahui, Ayudia ikut terlibat dalam mengabadikan momen bahagia kelahiran putri pertama pasangan aktor Chicco Jerikho dan Putri Marino.

Untuk hobinya yang satu ini, Ayudia bercerita bahwa awalnya dia gemar membaca berbagai informasi seputar kehamilan dan parental setelah ia melahirkan anak pertamanya, Dia Sekala Bumi.

"Semenjak melahirkan Sekala aku banyak baca soal birth photography. Ternyata di luar negeri itu sudah biasa," ucapnya.

Diabirthphoto kini semakin dikenal luas. Ayudia bahkan mulai menerima order dari kalangan non-artis.

"Sebenarnya aku open buat publik. Kalau mau order sebaiknya pas usia kehamilan bulan keempat," tuntasnya.